Langsung ke konten utama

THIS IS US! : HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA CINA 2018

THIS IS US! : HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA CINA 2018
大家好, postingan ini akan jadi postingan pertama mengenai Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Cina 2018 {HIMAPRODI SASCIN 2018}. Nah, karena ini adalah postingan awal, maka postingan ini akan memperkenalkan HIMAPRODI SASCIN 2018 beserta seluruh pengurus yang akan bertugas di HIMAPRODI SASCIN 2018 sampai satu tahun kedepan. Yuk, kita mulai perkenalannya.

LONGWENXI




Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah disahkan di musyawarah besar Sastra Cina 2018 pada tanggal 22 Februari 2018, nama Himpunan Mahasiswa Sastra Cina 2018 adalah 布拉维扎亚大学中文系协会 ( ba lu wei zha ya daxue zhongwenxi xiehui ) dan memiliki singkatan LONGWENXI. 




LOGO LONGWENXI




Sebagai sebuah organisasi, tentunya LONGWENXI juga memiliki sebuah logo yang digunakan sebagai identitas LONGWENXI. Logo LONGWENXI ini menampilkan Qi Lin yang mana merupakan makhluk mitos Tiongkok yang sangat terkenal di penjuru Asia Timur, yang man gabungan dari kepala naga, tanduk rusa, kuku kuda, ekor sapi, dahi serigala dan tubuhnya ditutupi dengan sisik yang berwarna-warni kerang, yang jantan disebut Qi dan yang betina disebut Lin. Qi Lin membawa nasib baik dalam budaya tradisional Cina. Qi Lin juga dianggap sebagai makhluk keberuntungan yang dapat menjaga dari kemalangan. Qi Lin sendiri merupakan simbol apresiasi persahabatan, berkah, kebajikan dan kompetensi yang tinggi.
Jika dilihat, logo LONGWENXI didominasi oleh warna merah dan kuning keemasan. Warna-warna tersebut juga dipilih karena memiliki filosofi yang baik, warna merah dipilih karena warna merah merupakan warna api yang melambangkan keberuntungan dan sukacita. Sedangkan warna kuning keemasan dipilih karena warna kuning adalah warna bumi dan dianggap warna yang paling indah. Kuning menghasilkan Yin dan Yang, hal pusat dari segala sesuatu. Warna kuning juga ternyata warana yang diperuntukan untuk Kaisar. Selain itu, warna kuning juga melambangkan netralitas dan keberuntungan. Warna kuning sering dipasangkan dengan warna merah ditempat emas.


PENGENALAN PENGURUS
Setelah mengetahui nama HIMAPRODI SASCIN 2018, gak afdol rasanya kalau kita engga ngenalin siapa aja pengurus yang akan bertugas dikepengurusan kali ini.
Jadi di kepengurusan LONGWENXI 2018 kali ini memiliki lima divisi serta badan pengurus harian. Kelima divisi ini nantinya akan melaksanakan program kerja LONGWENXI 2018 sesuai dengan bidangnya masing-masing. Penasaran kan divisi apa saja dan siapa saja yang ada di LONGWENXI, yuk kita mulai perkenalannya


BADAN PENGURUS HARIAN
Sebelum mengetahui kelima divisi yang ada di LONGWENSI beserta jajarannya, ada baiknya kita kenalan dulu nih sama Badan Pengurus Harian (BPH) nya LONGWENXI,

Jadi, di badan pengurus ini ada Dechika Aslim (2015) yang menjabat sebagai Ketua Himpunan (Kahim) tahun ini, dipengurusannya ini Chika akan didampingi oleh M. Ichsan Widitomo (2016) yang akan bertugas sebagai Wakil Ketua Himpunan (Wakahim). Chika dan Ichsan tidak hanya berdua, mereka juga didampingi oleh empat orang lainnya yaitu, Annisa Faradina Dianti (2016) yang  bertugas sebagai sekertaris 1 dan dibantu oleh Mayrinda Eka (2016) sebagai sekertaris 2. Kemudian ada juga Luviana Tatiana (2015) dan Falliano Fauzan (2015) yang masing-masing bertugas sebagai bendahara 1 dan bendahara 2.
Nah, setelah kenalan dengan BPH nya, mari kita kenalan dengan kelima divisi yang ada di LONGWENXI,


文化教育部 (CULTURE AND EDUCATION)
Divisi pertama yang akan kita perkenalkan adalah文化教育部 atau divisi Culture and Education, atau yang biasa kita singkat lagi menjadi CE.

Divisi yang kece ini bertugas untuk membantu seluruh mahasiswa sastra cina untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya dalam bidang seni-budaya dan pendidikan, khususnya di bidang Bahasa Mandarin. Divisi ini juga punya program kerja yang kece banget, salah satunya adalah Ngobrol Pintar (NGOPI) yang akan diselenggarakan untuk seluruh mahasiswa Sastra Cina sebagai tempat untuk menambah informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan Sastra Cina.
Nah, selain prokernya yang kece, pastinya orang-orang yang akan bertugas di divisi ini juga kece-kece dong. Jadi divisi CE ini diketuai oleh Safitri Milasari Tarigan (2015), di CE ini, Safitri akan didampingi oleh lima orang staf untuk menjalankan program kerja yang ada di CE, lima orang itu adalah Djoewita Nila Avis (2017), Lilian Angelina Susilo (2016), Laurentius Jefferson Natan (2017), Erisma Mega Sari (2016) dan Azizatus Solikhah (2016). Keenam orang yang ada di CE ini akan bekerja sama selam satu tahun untuk menjalankan program kerja mereka yang mana juga menjadi tempat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh seluruh mahasiswa Sastra Cina.


人事部 ( HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT )
Divisi kedua yang akan kita kenalkan ke kalian adalah人事部 atau Human Resources Development, yang biasanya kita singkat jadi HRD. 

Divisi ini tugasnya adalah mengembangkan kualitas yang dimiliki setiap individu yang ada di Sastra Cina. Salah satu program kerja divisi HRD yaitu Temu Keakraban (TEKA) yang ditujukann untuk seluruh mahasiswa Sastra Cina dari berbagai angkatan. TEKA ini diadakan untuk merekatkan hubungan keluarga Sastra Cina dan biasanya juga sebagai acara untuk menyambut mahasiswa baru Sastra Cina yang biasanya kita sebut dengan keluarga baru Sastra Cina.
Kalau diliat-liat, divisi ini dipenuhi oleh orang-orang yang terkenal sering bikin ketawa di Sastra Cina. Divisi ini dikepalai oleh Febyola Dinda Anastasia (2016), untuk menjalankan tugasnya nanti, Feby akan dibantu oleh lima orang rekannya, yaitu Shane Sahira (2016), Salsabilla Jihan (2015), David Vincensius (2017), Karissa Amalia (2017), dan Diana Trihayu (2016). Walaupun hobi bikin orang ketawa, tapi divisi ini siap dan akan serius kok untuk melaksanakan semua program kerjanya.


宣传部 ( RELATION, INFORMATION AND COMMUNICATION )
Lanjut ke divisi ketiga, divisi ini adalah宣传部 atau Relation, Information and Communication, divisi ini biasanya disingkat menjadi RIC.

Sesuai dengan namanya, divisi RIC ini memiliki tiga cabang bidang, yaitu relasi, informasi dan komunikasi. Relasi sendiri memiliki fungsi untuk menciptakan relasi yang baik dari seluruh warga Sastra Cina kepada seluruh komponen yang ada di jurusan ataupun fakultas. Kalau cabang informasi, RIC berfungsi sebagai penghubung informasi mengenai berbagai hal, mulai dari informasi beasiswa, lomba, kegiatan himaprodi, serta informasi yang diberikan oleh dosen. Sedangkan komunikasi sendiri bertujuan untuk mengelola hubungan timbal balik “dunia luar” dan membangun relasi kepada instansi dari lembaga yang terkait. Program kerja RIC slah satunya adalah pengelolaan media sosial yang dimiliki oleh Sastra Cina, salah satu contohnya adalah blog ini. Media sosial itu nantinya akan menjadi wadah untuk penyampaian informasi yang didapatkan oleh RIC.
Nah, setelah tahu tugas dan definisi divisi RIC, saatnya kita kenalan dengan orang-orang dibalik sosial media nya Sastra Cina nih. RIC ini dikepalai oleh orang yang paling ganteng di divisi ini, yaitu Dio Rangga Handika (2015). Kenapa dibilang paling ganteng? Karena Dio merupakan satu-satunya cowok di divisi ini. Dalam pekerjaannya nanti menjalankan program kerja RIC, Dio akan dibantu oleh cewek-cewek kece RIC, yaitu Maria Efrem Pinkan (2016), Niki Cahya Cindana (2016), Ferisca Dwi Ayuningtyas (2017), dan Ni Luh Wayan Leony Primantari (2017). Untuk mendukung kerjanya RIC, jangan lupa ya untuk follow sosial media nya Sastra Cina dan selalu ikuti perkembangannya agar selalu up to date dengan berbagai informasi yang ada di Sastra Cina.


才艺部 ( INTEREST AND TALENT )
Divisi keempat di LONGWENXI yaitu才艺部 atau Interest and Talent. Divisi yang sering dipanggil IT ini gakalah kece sama divisi lainnya.

Divisi IT ini bertugas untuk menjaring dan mempersiapkan pengembangan minat bakat seluruh mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya. Hal ini bertujuan untuk menunjukan kualitas serta daya saing mahasiswa Sastra Cina di Universitas Brawijaya.
Kalau divisi HRD tadi isinya orang-orang yang terkenal sering bikin ketawa banyak orang, nah kalau di IT ini berisi orang-orang yang punya talenta-talenta keren di bidangnya masing-masing nih. Marta Saputra (2015) sebagai kepala bidang sudah terkenal banget punya suara yang bagus dan sering tampil di berbagai acaranya Sastra Cina bahkan FIB. Tidak hanya Marta sendiri, dalam tugasnya mempersiapkan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di Sastra Cina, Marta akan dibantu oleh empat orang rekannya yang juga sangat bertalenta di bidangnya masing-masing, mereka adalah Muhammad Annas Zaenulloh (2016), Steffy Dela Zefanya (2016), Salsabila Amajida (2017), dan Aiman Zufar Atthariqy (2016).


筹款部 ( FUNDRAISING )
Nah divisi terakhir atau divisi kelima yang dimiliki oleh Longwenxi adalah筹款部 atau Fundraising.

Divisi Fundraising ini adalah divisi yang membantu keuangan internal LONGWENXI. Divisi ini akan mengkonsep berbagai usaha yang dilakukan untuk menghasilkan uang yang digunakan untuk menjalankan berbagai program kerja LONGWENXI. Salah satu program kerja dari Fundraising adalah dana usaha (danusan) harian. Program kerja ini dilakukan setiap hari oleh seluruh pengurus LONGWENXI.

Sebagai konseptor dari berbagai usaha pencarian dana, tentunya divisi ini berisi orang-orang yang kreatif dan memiliki ide yang out of the box. Jessica Thaharah (2015) adalah kepala divisi Fundraising. Tidak hanya sendiri, ia juga akan dibantu oleh lima orang kreatif lainnya untuk mengkonsep berbagai usaha pencarian dana. Lima orang tersebut adalah Ariel Kana Sangapta (2017), Merry Andayani (2016), Umi Ahmad Maesaroh (2016), Katarina Amel F (2017), dan Ahmad Syarifudin (2017).



DIKLAT HIMA PRODI SASTRA CINA 2018




Setelah berbagai rangkaian pembentukan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Cina 2018, yang berupa pendaftaran dan screening, akhirnya terpilihlah nama-nama di atas sebagai pengurus Hima Prodi Sastra Cina 2018.



Sebelum memulai mengemban tugas sebagai pengurus Hima Prodi dan menjalankan berbagai program kerja, pengurus Hima Prodi Sastra Cina 2018 mengikuti satu lagi rangkaian acara, yaitu adalah Pendidikan dan Pelatihan (diklat). 




Diklat sendiri adalah sebuah rangkaian pendidikan dan pelatihan prajabatan dalam pemilihan calon pemimpin baru. Tujuannya sendiri adalah pemimpin baru mahasiswa Sastra Cina nantinya dapat memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan memimpin yang baik dan berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pengembangan partisipasi seluruh mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya.
­Diklat yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Februari 2018 ini telah melahirkan sebuah kabinet baru yang diberi nama LONGWENXI.
Pada diklat ini, pengurus baru Hima Prodi Sastra Cina 2018 mendapatkan berbagai materi yang sangat bermafaat sebagai bekal untuk melaksanakan berbagai program kerja LONGWENXI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Bahasa Mandarin 2015

Chinese Paradise 2015 “ Chinese Paradise 2015”  merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya. Kegiatan ini terdiri dari beragam jenis lomba yang meliputi lomba untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diadakan se- Jawa Timur serta untuk menjalin silaturahmi antara Mahasiswa Sastra Cina dengan mahasiswa di universitas-universitas yang ada di Jawa Timur. Kegiatan   Chinese Paradise 2015   ini bertemakan "Tiada Hari tanpa Prestasi, Wujudkan Diri menjadi Bintang Sejati". Kegiatan ini berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan bahasa Tionghoa para siswa maupun mahasiswa se-Jawa Timur. Ketentuan Lomba: Lomba Pidato dengan Tema “Apa yang bisa Kamu Lakukan untuk Indonesia dengan Kemampuan Mandarinmu?” Lomba pidato merupakan salah satu kegiatan pada  Chinese Paradise 3 . Lomba ini bertujuan untuk mencari peserta yang berbakat dan mampu berpidato dengan menggunakan Bahasa Mandarin.  Selain

Sekilas tentang HSK

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian mendengar kata 'HSK', mereka-mereka yang mempelajari Bahasa Mandarin tentu pernah mendengar apa itu HSK. Namun sayangnya tidak semua tahu tentang seluk beluk HSK. Nah, di postingan kali ini mimin bakal jelasin kepada kalian sekilas tentang HSK yang mungkin bisa menambah pengetahuan kalian. HSK yang merupakan singkatan dari Hanyu Shuiping Kaoshi adalah ujian standardisasi yang ditetapkan Republik Rakyat Cina. Kalau di Inggris kita sering mendengar istilah TOEFL dan TOEIC, nah di China sendiri tes semacam tersebut digabung menjadi satu yaitu HSK. HSK pertama kali diadakan pada tahun 1984 di Universitas Bahasa dan Budaya Beijing. Kalau di Indonesia, HSK hanya diselenggarakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dll. Di Malang sendiri HSK selama ini tesnya diselenggarakan di Universitas Ma Chung. Karena HSK hanya diadakan dua kali dalam satu tahun, maka tes tersebut tidak meraup biaya yang kecil teman-teman.