Langsung ke konten utama

Kuliah Sastra Cina, Mau Jadi Apa?

Tulisan ini untuk kalian yang bingung dalam memilih jurusan, dan untuk kalian yang telah berkecimpung dalam dunia sastra cina namun bimbang dalam menentukan masa depan.

Bagi sebagian orang, Sastra Cina memang tergolong jurusan yang cukup unik. Seringkali orang bertanya, "kuliah sastra cina? memang mau jadi apa?", atau mungkin pertanyaan lain seperti, "kuliah sastra cina? kenapa nggak les mandarin aja?". Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali membuat hati kita ciut. Dilansir dari harian Kompas rubrik edukasi menjelaskan bahwa Sastra Cina merupakan salah satu jurusan yang akhir-akhir ini semakin diminati. Semakin eratnya kerjasama antara Indonesia-Tionghoa sejak era reformasi menjadi salah satu alasan mengapa Sastra Cina diburu oleh mereka yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas. Pada Juni 2013 lalu di Beijing telah digelar pertemuan kelompok ahli ke-2 untuk membahas program kerjasama bilateral dalam kurun 5 tahun ke depan. Pertemuan ini dikenal dengan nama The Second Expert Meeting of Indonesia-China Five Year Development Program. Seiring dengan meningkatnya kerjasama antara Indonesia-China, dibutuhkan pula lulusan Sastra China yang berkualitas sebagai jembatan demi berlangsungnya kerjasama dua negara tersebut.
Masuknya perusahaan-perusahaan China dan Taiwan di sektor perbankan, teknologi, industri, dan konveksi juga turut membuka lebar kesempatan kerja bagi lulusan Sastra Cina. Perusahaan-perusahaan tersebut mulai melirik Indonesia untuk menjadikan ladang investasi. Selain itu, kedudukan penting bahasa Mandarin sebagai bahasa Internasional kedua sangat menunjang prospek ke depan seseorang lulusan Sastra Cina dalam wirausaha atau bisnis, khususnya untuk meluaskan usaha sampai ke seluruh pelosok dunia.
Disamping bergelut dalam dunia industri dan wirausaha, lulusan Sastra Cina juga bisa mendedikasikan dirinya dalam dunia pendidikan. Mendidik anak negeri untuk mengajari Bahasa Internasional kedua di dunia. Beberapa penjelasan tersebut adalah beberapa faktor yang membuat jurusan Sastra Cina kini tengah naik daun. Namun sebenarnya, apapun jurusan yang kita pilih, kita memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sukses asal kita tekun dan mencintai apa yang kita pilih. Masa depan ada di tangan kita, tunggu apalagi, mari bergabung di Sastra Cina Universitas Brawijaya :)


Salam sukses,

Divisi Infokom.


Komentar

  1. Pengen deh masuk sastra cina, tapi tahun ini gamasuk mana mana makanya ronin:'(
    Kan saya gaada basicnya ya min, kira kira susah ga ya?

    BalasHapus
  2. Min kalo buat lapangan kerja, mending pendidikan bahasa mandarin atau sastra cina?

    BalasHapus
  3. Min nisrin masuk sastra cina ub tahun ini, yeay gak sabar. Makasih buat mimin yang udah ngebantu ngeyakinin pilihan nisrinnn😘

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Bahasa Mandarin 2015

Chinese Paradise 2015 “ Chinese Paradise 2015”  merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya. Kegiatan ini terdiri dari beragam jenis lomba yang meliputi lomba untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diadakan se- Jawa Timur serta untuk menjalin silaturahmi antara Mahasiswa Sastra Cina dengan mahasiswa di universitas-universitas yang ada di Jawa Timur. Kegiatan   Chinese Paradise 2015   ini bertemakan "Tiada Hari tanpa Prestasi, Wujudkan Diri menjadi Bintang Sejati". Kegiatan ini berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan bahasa Tionghoa para siswa maupun mahasiswa se-Jawa Timur. Ketentuan Lomba: Lomba Pidato dengan Tema “Apa yang bisa Kamu Lakukan untuk Indonesia dengan Kemampuan Mandarinmu?” Lomba pidato merupakan salah satu kegiatan pada  Chinese Paradise 3 . Lomba ini bertujuan untuk mencari peserta yang berbakat dan mampu berpidato dengan menggunakan Bahasa Mandarin.  Selain

THIS IS US! : HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA CINA 2018

THIS IS US! : HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA CINA 2018 大家好, postingan ini akan jadi postingan pertama mengenai Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Cina 2018 {HIMAPRODI SASCIN 2018}. Nah, karena ini adalah postingan awal, maka postingan ini akan memperkenalkan HIMAPRODI SASCIN 2018 beserta seluruh pengurus yang akan bertugas di HIMAPRODI SASCIN 2018 sampai satu tahun kedepan. Yuk, kita mulai perkenalannya. LONGWENXI Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah disahkan di musyawarah besar Sastra Cina 2018 pada tanggal 22 Februari 2018, nama Himpunan Mahasiswa Sastra Cina 2018 adalah 布拉维扎亚大学中文系协会 ( ba lu wei zha ya daxue zhongwenxi xiehui ) dan memiliki singkatan LONGWENXI.  LOGO LONGWENXI Sebagai sebuah organisasi, tentunya LONGWENXI juga memiliki sebuah logo yang digunakan sebagai identitas LONGWENXI. Logo LONGWENXI ini menampilkan Qi Lin yang mana merupakan makhluk mitos Tiongkok y

Sekilas tentang HSK

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian mendengar kata 'HSK', mereka-mereka yang mempelajari Bahasa Mandarin tentu pernah mendengar apa itu HSK. Namun sayangnya tidak semua tahu tentang seluk beluk HSK. Nah, di postingan kali ini mimin bakal jelasin kepada kalian sekilas tentang HSK yang mungkin bisa menambah pengetahuan kalian. HSK yang merupakan singkatan dari Hanyu Shuiping Kaoshi adalah ujian standardisasi yang ditetapkan Republik Rakyat Cina. Kalau di Inggris kita sering mendengar istilah TOEFL dan TOEIC, nah di China sendiri tes semacam tersebut digabung menjadi satu yaitu HSK. HSK pertama kali diadakan pada tahun 1984 di Universitas Bahasa dan Budaya Beijing. Kalau di Indonesia, HSK hanya diselenggarakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dll. Di Malang sendiri HSK selama ini tesnya diselenggarakan di Universitas Ma Chung. Karena HSK hanya diadakan dua kali dalam satu tahun, maka tes tersebut tidak meraup biaya yang kecil teman-teman.